Pendiri Google – Larry Page

Pendiri-Google-Larry-Page

Larry Page adalah wirausahawan internet termasuk salah satu pendiri google dan ilmuwan komputer yang bekerja sama dengan teman sekolahnya, Sergey Brin, untuk meluncurkan mesin pencari Google pada tahun 1998.

Siapakah Larry Page?

Dilahirkan di Michigan pada tahun 1973, orangtua Larry Page keduanya ahli komputer. Mengikuti jejak mereka, ia belajar teknik komputer di Stanford University, di mana ia bertemu Sergey Brin. Kemudian mengembangkan mesin pencari yang mendaftarkan hasil sesuai dengan popularitas halaman.

Google menjadi mesin pencari paling populer di dunia setelah diluncurkan pada tahun 1998. Pendiri google tersebut dan Brin kemudian mengambil alih perusahaan induk Google yang baru, Alphabet, sampai mengundurkan diri dari peran sehari-hari mereka di akhir 2019.

Kehidupan Awal Pendiri Google

Larry Page lahir pada 26 Maret 1973, di East Lansing, Michigan. Ayahnya, Carl Page, adalah pelopor dalam ilmu komputer dan kecerdasan buatan, dan ibunya mengajar pemrograman komputer. Setelah mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam bidang teknik dari University of Michigan, Page memutuskan untuk berkonsentrasi pada teknik komputer untuk sekolah pascasarjana di Universitas Stanford, di mana ia bertemu Brin.

Membuat Google Dengan Sergey Brin

Sebagai proyek penelitian di Stanford University, Page dan Brin menciptakan mesin pencari yang mencantumkan hasil sesuai dengan popularitas halaman, setelah menyimpulkan bahwa hasil yang paling populer sering kali paling bermanfaat. Mereka menyebut mesin pencari “Google” setelah istilah matematika “googol,” yang mengacu pada No. 1 diikuti oleh 100 nol, untuk mencerminkan misi mereka untuk mengatur sejumlah besar informasi yang tersedia di web.

Setelah mengumpulkan $ 1 juta dari keluarga, teman dan investor lainnya, pasangan ini meluncurkan perusahaan pada tahun 1998. Google sejak itu menjadi mesin pencari paling populer di dunia, menerima rata-rata 5,9 miliar pencarian per hari pada tahun 2013. Berkantor pusat di jantung Silicon California, California. Valley, Google mengadakan penawaran umum perdana pada Agustus 2004, membuat Page dan miliarder Brin.

Konglomerat yang Berkembang

Pada tahun 2006, Google membeli situs web paling populer untuk video streaming yang dikirimkan pengguna, YouTube, senilai $ 1,65 miliar.

Pada September 2013, Page berada di peringkat No. 13 dalam daftar Forbes 400 orang terkaya di Amerika. Oktober itu, ia berada di peringkat 17 di daftar Forbes ‘Most Powerful People 2013’. Sebagai CEO Google, Page berbagi tanggung jawab atas operasi perusahaan dengan Brin, yang menjabat sebagai direktur proyek khusus untuk Google, dan Eric Schmidt, ketua eksekutif perusahaan.

Pada 10 Agustus 2015, Page dan Brin mengumumkan pembentukan perusahaan induk baru bernama Alphabet untuk mengawasi Google dan anak perusahaan lainnya. Page dan Brin masing-masing menjadi CEO dan presiden Alphabet, dengan Sundar Pichai sebagai eksekutif puncak Google.

Kehadiran yang Menipis dan Keluar Perusahaan

Restrukturisasi memberi Page dan Brin kesempatan untuk menjauh dari operasi sehari-hari perusahaan yang mereka dirikan, dan CEO itu jelas tidak hadir dari pertemuan Alphabet dan panggilan pendapatan triwulanan. Pada tahun 2018, Page menolak tampil di hadapan Komite Intelijen Senat sebagai bagian dari dengar pendapat tentang penggunaan Big Tech untuk ikut campur dalam pemilihan luar negeri, dan dia berada di bawah pengawasan karena memberikan paket keluar $ 90 juta kepada mantan eksekutif senior yang dituduh melakukan pelanggaran seksual.

Pada 3 Desember 2019, Page dan Brin mengumumkan bahwa mereka mengundurkan diri dari peran mereka sebagai CEO dan presiden Alphabet, menyerahkan kendali ke Pichai. Namun, keduanya diharapkan untuk mempertahankan pengaruhnya atas arahan perusahaan sebagai pemegang saham individu terbesar Alphabet.

Taksi Udara Otonom

Pada bulan Maret 2018, diumumkan bahwa sebuah perusahaan yang secara pribadi didanai oleh Page, yang disebut Kitty Hawk, telah mencapai kesepakatan dengan para pejabat di Selandia Baru untuk memulai proses sertifikasi menggunakan taksi terbang yang sepenuhnya listrik dan dapat terbang sendiri.

Kitty Hawk telah menguji pesawatnya, yang dijuluki Cora, atas Selandia Baru sejak Oktober sebelumnya. Dengan Boeing, Airbus dan Uber di antara perusahaan-perusahaan yang ingin menghancurkan industri taksi udara yang sedang berkembang, Kitty Hawk bertujuan untuk memiliki jaringan kendaraan komersial yang mulai beroperasi pada tahun 2021.

Kehidupan pribadi pendiri Google

Page telah menikah dengan ilmuwan riset Lucinda Southworth sejak 2007. Pasangan ini memiliki dua anak.

Leave a Comment