Panduan Lengkap, 5 Langkah Memulai Bisnis

entrepreneur

Anda pastinya tau tidak ada batasan untuk memulai langkah untuk bisnis, tidak perlu gelar sarjana, banyak uang atau pengalaman bisnis untuk memulainya. Namun, hal yang paling dibutuhkan adalah rencana yang kuat.

Jika Anda berada di Entrepreneur kemungkinan kamu sudah memiliki skill sendiri, tetapi Anda mungkin tidak tahu bagaimana memulai bisnis Anda. Itulah sebabnya saya akan memberi tahu panduan langkah dibawah ini. Setelah itu, saya akan membantu mengubah ide Anda menjadi suatu bisnis yang sukses.

1. Evaluasi diri Anda sebelum mulai bisnis.

Sekarang kita mulai dengan paling dasar Mengapa Anda ingin mulai berbisnis? Pertanyaan ini untuk memandu bisnis yang ingin Anda mulai. Jika Anda ingin uang tambahan, mungkin bisa memulai dari usaha sampingan.

Jika Anda menginginkan lebih banyak kebebasan, mungkin sekarang saatnya untuk meninggalkan pekerjaan lama Anda dan memulai sesuatu yang baru.

Setelah Anda memiliki alasan, mulailah bertanya pada diri sendiri lebih banyak pertanyaan untuk membantu Anda mengetahui jenis bisnis yang harus Anda mulai, dan jika Anda memiliki apa yang diperlukan.

  • Keterampilan apa yang Anda miliki?
  • Di mana letak gairah Anda?
  • Di mana keahlian Anda?
  • Berapa banyak yang dapat Anda modalkan?
  • Berapa modal yang Anda butuhkan?
  • Gaya hidup seperti apa yang ingin Anda jalani?
  • Apakah Anda siap menjadi wirausaha?

Jawablah sejujurnya dengan jawaban Anda. Ini akan menciptakan landasan untuk memajukan usaha Anda, jadi lebih baik untuk mengetahui kebenaran sekarang daripada nanti.

2. Pikirkan langkah untuk memulai bisnis.

Apakah Anda sudah memiliki ide untuk mulai bisnis? Jika iya, Selamat! Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika tidak, ada banyak cara untuk memulai pendapat untuk ide yang bagus. Berikut beberapa petunjuk yang akan saya berikan

  • Tanyai dirimu sendiri apa kelanjutannya. Teknologi dan kemajuan apa yang akan hadir di masa depan, dan bagaimana hal itu akan mengubah langkah bisnis seperti yang kita ketahui? Bisakah Anda maju dari perkembangan zaman?
  • Perbaiki sesuatu yang mengganggu Anda. Orang akan lebih memilih hal terbaik daripada hal buruk. Jika bisnis Anda dapat memperbaiki masalah bagi pelanggan Anda, mereka akan berterima kasih untuk itu.
  • Terapkan keahlian Anda ke bidang yang paling baru. Banyak bisnis dan industri melakukan sesuatu dengan satu cara karena itulah yang selalu mereka lakukan. Dalam kasus tersebut, satu perspektif baru dapat membuat semua perbedaan.
  • Gunakan pendekatan yang lebih baik, murah, dan cepat. Apakah bisnis anda tidak sepenuhnya baru? Jika begitu, pikirkan tentang penawaran atau promo saat ini dan fokuslah pada bagaimana Anda dapat menciptakan sesuatu yang lebih baik, murah dan cepat.

Jangan lupa untuk pergi keluar dan bertemu orang-orang dan mengajukan pertanyaan kepada mereka, mencari saran dari pengusaha lain, memcari ide dari online atau menggunakan metode apa pun yang paling masuk akal bagi Anda.

3. Lakukan riset pasar sebelum memulai bisnis.

Apakah ada orang lain diluar sana yang melakukan apa yang ingin Anda lakukan? Jika tidak, adakah alasannya?

Mulailah meneliti pesaing Anda dengan menggunakan cara ini. Ini memecahkan tujuan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan dengan penelitian Anda. Misalnya, Anda dapat melakukan komunikasi melalui telepon atau tatap muka. Anda juga dapat menawarkan survei seperti “Kenapa anda memilih barang ini?”

Sama pentingnya, itu menjelaskan tiga kesalahan paling umum yang dilakukan orang ketika memulai riset pasar mereka, yaitu:

  • Hanya menggunakan penelitian sekunder.
  • Hanya menggunakan sumber daya online.
  • Survei hanya orang yang Anda kenal.

4. Dapatkan balasan dari bisnis Anda.

Biarkan orang berinteraksi dengan produk Anda dan lihat tindakan mereka. Satu pelanggan dapat membantu menunjukkan masalah yang mungkin Anda lewatkan. Plus, orang ini akan menjadi pendukung merek Anda, terutama jika Anda mendengarkan masukan mereka dan mereka menyukai produk tersebut.

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan balasan adalah fokus pada pendekatan. Dengan satu produk, mendapatkan balasan kemudian beradaptasi maka akan mendorong keluar produk berikutnya, Anda dapat terus meningkatkan dan memastikan Anda tetap relevan.

Sadarilah bahwa sebagian dari saran itu akan baik dan sebagian tidak. Itu sebabnya Anda harus memiliki rencana tentang cara menerima balasan.

Saya akan berikan enam langkah untuk menangani balasan:

  • Berhenti! Mungkin anda bisa dalam keadaan bersemangat saat menerima balasan dan mungkin mengambil kesimpulan buruk. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan dengan cermat apa yang baru saja Anda dapatkan dari balasan.
  • Katakan ‘terima kasih.’ Orang yang memberi kamu balasan bernilai negatif mungkin tidak mengharapkan Anda untuk berterima kasih, akan tetapi hal tersebut akan membuat mereka menghargai Anda.
  • Cari nilai kebenaran. Jika seseorang tidak menyukainya, bukan berarti mereka membenci semua yang kamu katakan. Ingatlah bahwa orang ini berusaha membantu, dan mereka hanya menunjukkan masalah yang lebih kecil yang harus Anda selidiki lebih lanjut.
  • Carilah jalan keluarnya. Jika Anda terus mendengar komentar yang sama, inilah saatnya untuk mulai duduk dan memperhatikan.
  • Dengarkan dengan rasa ingin tahu. Bersedialah untuk memasuki percakapan di mana pelanggan memegang kendali.
  • Mengajukan pertanyaan. Cari tahu mengapa seseorang menyukai atau tidak menyukai. Bagaimana bisa membuatnya lebih baik? Apa yang menjadi solusi lebih baik?

Salah satu cara untuk membantu Anda melewati balasan negatif adalah dengan membuat “hal positif,” di mana Anda dapat memposting semua pesan positif yang Anda terima. Hal positif ini akan menginspirasi.

Anda dapat menggunakannya nanti saat Anda mulai menjual produk atau layanan Anda. Ulasan positif secara online dan testimoni dari mulut ke mulut dapat membantu membuat perbedaan besar.

5. Kembangkan langkah bisnis Anda.

Setiap mengembangkan suatu bisnis selalu ada jutaan cara berbeda untuk tumbuh. Anda dapat memperoleh bisnis lain, mulai menargetkan pasar baru, memperluas penawaran Anda, dan masih banyak lagi. Tetapi, tidak ada rencana pertumbuhan yang penting jika Anda tidak memiliki atribut utama yang dimiliki oleh semua perusahaan yang berkembang.

Pertama, mereka memiliki rencana untuk memasarkan diri mereka sendiri. Begitu mereka memiliki pelanggan baru, mereka mengerti bagaimana mempertahankannya. Anda mungkin pernah mendengar banyak orang menyatakan bahwa pelanggan termudah untuk menjual adalah yang sudah Anda miliki. Pelanggan yang bersedia mendaftar untuk daftar email, menambahkan informasi kartu kredit mereka ke situs web Anda dan menguji apa yang Anda tawarkan.

Kedua, langkah memulai bisnis anda, termasuk berinvestasi dalam layanan pelanggan, tetapi sadari pekerjaan Anda tidak akan pernah selesai. Anda akan terus bersaing pada para pelanggan, dan Anda tidak akan pernah bisa berpuas diri. Terus meneliti pasar, merekrut orang-orang baik dan membuat produk yang unggul dan Anda akan berada di jalan Anda untuk membangun kerajaan yang selalu Anda impikan.

Anda bisa juga memulai bisnis kecil dari membuat blog bisnis internet seperti artikel 5 Langkah Untuk Memulai Blog Bisnis Kecil Anda Hari Ini

1 thought on “Panduan Lengkap, 5 Langkah Memulai Bisnis”

Leave a Comment