5 Langkah untuk Memulai Blog Bisnis Kecil Anda Hari Ini

langkah-memulai-blog

Ingin memulai blog untuk bisnis kecil namun tidak tahu harus mulai dari mana? Ya mungkin seperti itu, jika hal tersebut terjadi maka kamu bisa terus membaca dan ikuti Langkah Memulai Blog Bisnis Kecil untuk hari ini.

Jika sudah memiliki situs web dengan menggunakan WordPress maka akan lebih mudah, kamu hanya tinggal memilih di bagian menu dashboard bagian Post saja.

Tapi beda halnya jika kamu baru mau memulainya? Maka saya rekomendasikan menggunakan WordPress yang sangat mudah untuk dilakukan tanpa bantuan teknis. Kamu bisa lakukan sendiri di rumah.

Tetapi jika kamu tidak tau cara, saya akan berikan 5 langkah memulai blog bisnis kecil Anda:

1. Tentukan situs platform untuk memulai blog.

Menentukan situs platform adalah hal paling penting dalam memulai blog jika salah memilih platform maka akan mengalami sedikit kesulitan. Situs WordPress.com sangat mudah dalam pembuatan blog, kamu bisa mendapatkan blog dan domain contoh: www.namasitus.wordpress.com. Akan tetapi saya kurang rekomendasi.

Paling bagus menurut saya adalah WordPress.org untuk membuat blog. Situs ini mudah digunakan tanpa bantuan teknis namun mungkin membutuhkan sedikit bantuan di pengaturan awal saja. Versi ini gratis mungkin hanya memerlukan hosting dan beli domain yang membutuhkan sedikit biaya dan mungkin bisa lebih dari itu.

Jika Anda ingin menjelajahi di internet mungkin beberapa platform yang menawarkan gratis dan memberi Anda untuk mengatur situs dalam beberapa langkah, mungkin seperti Weebly, Joomla dan Drupal.

Namun kamu harus ketahui bahwa sebagian besar situs tersebut tidak dapat membuat blog anda dalam jangka panjang. Batasan dalam hal desain, fungsi, dan SEO membuatnya sangat sulit untuk memiliki blog bisnis yang sukses.

2. Pilih tema untuk blog bisnis kecil.

Salah satu fitur terbaik dari WordPress yaitu kamu bisa menyesuaikan tampilan situs blog hanya dengan menggunakan tema yang sudah tersedia. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan tampilan yang kamu suka namun jangan sampai mempersulit untuk pembaca.

Ada daftar besar tema gratis yang tersedia di Direktori Tema WordPress, dan jika kamu ingin tampilan yang lebih mudah untuk pengaturannya maka bisa di coba periksa tema premium (berbayar) di situs seperti ThemeForest.

Saat memilih tema, perhatikan hal berikut:

  • Apakah tema yang kamu pilih responsif? Makudnya bisa di tampilkan di PC dan tampilan Handphone
  • Apakah disertai dengan beberapa tingkat dukungan pelanggan dan / atau forum dukungan?
  • Apakah memungkinkan tingkat penyesuaian seperti: mengubah warna, menu navigasi, tombol, widget, dll?

3. Daftar nama domain blog bisnis Anda.

Setelah sudah memutuskan platform blog mana yang akan kamu gunakan, pilih nama domain sesuai. Ini akan menjadi URL yang digunakan untuk mengakses situs Anda (misalnya: www.namasitus.com). Anda dapat melakukan ini melalui pendaftar domain di NameCheap, Rumahweb atau GoDaddy.

Domain Anda akan dikenakan biaya mungkin sekitar 10$ per tahun; harga akan diskon jika kamu bersedia membayar lebih dari satu tahun di muka. Coba pilih domain dengan akhiran .com, dan gunakan nama bisnis dagang Anda jika tersedia. Pastikan domain mudah diingat, namun cukup mudah untuk membedakan dari situs atau bisnis dengan nama yang sama.

4. Beli hosting web.

Meskipun situs WordPress gratis, Anda masih harus membayar untuk host blog Anda, seperti yang sudah dibahas di bagian awal yang harganya mungkin lebih mahal. Anda dapat membeli layanan hosting web melalui situs yang berbeda, tetapi paling populer adalah GoDaddy, Hostgator, dan Bluehost.

5. Buat rencana, dan mulailah langkah blog bisnis !

Bagian yang paling menyenangkan adalah kamu sudah bisa memulai untuk membuat blog. Namun sebelum itu, penting untuk memikirkan tujuan dari blog Anda.

  • Tujuan utama Anda? Apakah sebagai arahan, membangun daftar email atau menjadi seorang ahli di bidang Anda?
  • Seberapa sering Anda akan berkomitmen untuk blog? Dua hingga tiga kali seminggu ideal, tetapi blog sekali seminggu lebih baik daripada tidak sama sekali.
  • Apa isi blog Anda? Santai dan menyenangkan? Berwenang? Akademik?
  • Bagaimana Anda membuat pembaca mengambil tindakan saat berada di blog Anda? Kotak penyertaan email? Tautan ke halaman penjualan? Atau ajakan untuk bertindak untuk mengisi permintaan penawaran?

Jadilah diri sendiri dan tulis tentang topik-topik yang bernilai bagi audiens Anda. Dan jangan sampai salah Langkah Memulai Blog Bisnis.

Apakah Anda siap untuk terjun dan memulai blog bisnis kecil Anda? Jika tidak, apa yang menahan Anda? Bagikan di bawah ini!

2 thoughts on “5 Langkah untuk Memulai Blog Bisnis Kecil Anda Hari Ini”

Leave a Comment