Perkembangan Vaksin Covid-19 Berpeluang Mengangkat IHSG

Blogbisnisinternet.com – JAKARTA, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat sebesar 103,03 poin atau naik 2,13% ke level 4.945,79 pada perdagangan Jumat (25/9). Sebelumnya, IHSG bergerak melemah dalam empat hari perdagangan berturut-urut.

Baca Juga: Menhub Meminta Masyarakat Membeli Sepeda Produk Dalam Negeri

Muhammad Nafan Aji Gusta Utama Analis Binaartha Sekuritas mengatakan, sikap positif Badan Kesehatan Dunia alias World Health Organization (WHO) terhadap perkembangan penelitian vaksin Covid-19 dari berbagai perusahaan farmasi di Tiongkok mengangkat pergerakan IHSG. “Hal ini membuat market optimistis dan mengapresiasi perkembangan positif tersebut,” kata Nafan, Jumat (25/9).

Menurut dia, katalis terkait perkembangan vaksin ini masih akan mewarnai pergerakan IHSG pada perdagangan Senin (27/9). Berdasarkan rasio fibonacci, sambung Nafan, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.865,27 hingga 4.778,71. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 4.975,54 hingga 5.097,14.

Baca Juga: PSBB DKI Diperpanjang, Pengusaha Teriak

Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Meskipun demikian, stochastic dan RSI mulai bergerak ke atas di area netral. Di sisi lain, Nafan bilang, terlihat pola bullish engulfing line candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menambahkan, debat calon presiden Amerika Serikat pada Selasa (29/9) juga dapat menjadi sentimen penggerak pasar. Berbeda dengan Nafan, William melihat pergerakan IHSG masih dalam tren menurun dan pergerakan akan mixed cenderung melemah dalam range 4.866-4.974 pada perdagangan Senin (28/9).

Leave a Comment